Berita Teknologi Terkini & Tutorial

Advertisement

Apa Itu Chromium? Yuk Lihat Lebih Detail!

Advertisement

Apa Itu Chromium? – Chromium merupakan sebuah web browser yang memiliki ikon seperti Google Chrome, hanya saja, web browser yang satu ini sangat jarang digunakan oleh orang lain.

Kebanyakan orang lain pasti menggunakan web browser Google Chrome yang digunakan untuk mengunjungi berselancar di internet.

Advertisement

Chromium memiliki fungsi seperti Google Chrome, hanya saja sangat jarang digunakan oleh orang lain. Mungkin sebagian orang tidak mengetahui Chromium.

Maka dari itu kali ini kita akan membahas sekaligus kasih tau ke kamu apa perbedaan dari Chromium dengan Google Chrome. Daripada penasaran, langsung aja simak artikel ini ya.

Pengertian dan Perbedaan Chromium dengan Google Chrome

Chromium
Chromium

Advertisement

Chromium merupakan sebuah web browser yang sudah kita jelaskan di awal paragraph. Namun kebanyakan orang mengira bahwa web browser yang satu ini dianggap virus sehingga langsung menghapusnya.

Chromium adalah sebuah proyek yang membuat browser baru dengan menambahkan beberapa fitur termasuk juga tambahan lama yang kemudian menjadi Google Chrome.

Jadi intinya adalah Google Chrome merupakan Chromium yang dipaket dan didistribusikan oleh pihak Google dengan menambahkan beberapa fitur.

Chromium browser sudah ada di beberapa distribusi Linux seperti Ubuntu maupun Fedora. Sedangkan untuk Google Chrome harus kamu download terlebih dahulu pada website Google.

Perbedaan Chromium dengan Google Chrome

Perbedaan Chromium dan Google Chrome
Perbedaan Chromium dan Google Chrome

Sebelumnya kita sudah kasih tau ke kamu apa sih itu Chromium. Nah, pada kali ini kita akan kasih tau ke kamu perbedaan dari kedua web browser ini.

1. Update Otomatis

Pada Google Chrome kamu bisa mendapatkan update secara otomatis dengan menggunakan GoogleUpdate di Windows. Berbeda dengan Chromium yang dimana tidak bisa dilakukan secara otomatis.

2. Laporan Kerusakan

Bagi kamu pengguna Google Chrome ketika mengalami kerusakan, kamu dapat membuat laporan. Itu dikarenakan pihak Google menambahkan fitur khusus untuk laporan.

Berbeda dengan Chromium yang tidak ada laporan khusus untuk kerusakan. Jadi ketika Chromium mengalami kerusakan, kamu bisa mencopot lalu memasangnya kembali lagi.

3. Chrome Web Store

Jika kamu menggunakan Google Chrome pasti sudah tidak asing lagi dengan Chrome Web Store yang berfungsi untuk menambahkan ekstensi. Berbeda dengan Chromium yang tidak memiliki Web Store-nya.

4. Dukungan Media Codec

Untuk Chomium hanya memiliki dukungan terbatas seperti Theora, Vorbis, WebM, VPM dll. Sedangkan untuk Google Chrome sudah mendukung codec seperti AAC, MP3 dan H.264.

Jadi intinya, kamu lebih nyaman menggunakan yang mana? Chromium atau Google Chrome? Untuk Windows maupun MacOS lebih baik kamu memiliki Google Chrome. Sedangkan untuk pengguna Linux disarankan menggunakan Chromium.

Comments

Advertisement

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

error: Content is protected !!