Berita Teknologi Terkini & Tutorial

Advertisement

Apa Itu Root? Yuk Telusuri Lebih Lanjut!

Advertisement

Apa Itu Root? – Mungkin sebagian kamu sudah tidak asing lagi dengan kata root. Banyak orang yang ingin melakukan root untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

Walau begitu, ada beberapa kerugian yang akan kamu dapatkan nantinya. Jadi bagi kamu yang ingin melakukan root alangkah baiknya kamu baca artikel ini untuk mengetahui apa itu root dan apa saja kelebihan dan kerugian yang akan kamu dapatkan.

Advertisement

Nah, bagi kamu yang penasaran bisa langsung simak artikel yang satu ini sampai habis ya.

Apa Itu Root? Yuk Lihat Lebih Lanjut!

Root sendiri memiliki fungsi untuk memberikan hak istimewa kepana penggunannya agar para pengguna lebih leluasa dalam melakukan setting pada perangkatnya.

Kurang lebih root itu sebagai administrator pada Windows. Nah, keberadaan root itu penting atau tidak, semua tergantin dari pada penggunanya.

Advertisement

Nah, berdasarkan penjelasan sebelumnya pasti kamu penasaran apa saja keuntungan serta kekurangan root. Karena banyak orang yang ingin melakukan root padahal root itu berbahaya atau tidak.

1. Kelebihan Root

Kali ini kita akan kasih tau ke kamu apa saja kelebihan dari HP yang sudah melakukan root. Buat kamu yang mau tau, langsung aja lihat di bawah ini ya.

1. Dapat Install Semua Aplikasi

Ketika HP kamu sudah root, kamu bisa install semua aplikasi yang ada di Playstore dan dari website lain. Terlebih lagi ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan khusus untuk HP yang sudah melakukan root.

2. Meningkatkan Performa HP

Root disini hanya membuka pintu untuk memberikan akses atau izin kepada user yang bisa digunakan untuk meningkatkan performa HP.

Jadi, HP yang belum di-root maka ada beberapa akses yang diminta oleh aplikasi akan langsung ditolak. Berbeda dengan HP yang sudah di-root.

Disini kamu sebagai pengguna dapat memilih sendiri apakah akan mengijinkan atau tidak dalam catatan resiko keamanan harus kamu tanggung sendiri.

Maksud dari meningkatkan performa sendiri adalah kamu bisa meminta bantuak aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu install. Aplikasi tersebut ada yang memiliki fitur untuk membantu meningkatkan performa HP kamu.

3. Bisa Melakukan Custom pada Perangkat

Setelah HP di-root, kamu bisa melakukan berbagai kostumasi khususnya dari segi software. Semisal dengan menginstall customROM.

Selain itu kamu bsia menambah, mengganti maupun membuang fitur tertentu pada HP yang kamu gunakan, tentunya dengan bantuan dari para developer para aplikasi tersebut.

2. Kekurangan Root

Setelah mengetahui kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika HP sudah di-root. Kini kita akan kasih tau ke kamu apa saja kekurang dari HP yang sudah di-root.

1. HP Lebih Rentan Terkena Virus

Nah, ketika HP kamu sudah di-root. Maka HP kamu akan lebih rentan terkena virus. Itu dikarenakan kamu membuka keamanan pada HP tersebut.

Jadi kamu harus berhati-hati ketika meng-install aplikasi. Pastikan aplikasi tersebut aman dari virus. Jika tidak, virus tersebut akan dengan mudah masuk ke dalam HP kamu.

2. Hilangnya Garansi HP

Sebagaian vendor akan membatalkan garansi perangkat jika ternyata perangkat tersebut sudah di-root. Hal ini karena root dianggap sebagai segel.

Seperti yang kita tau, jika kamu ingin klaim garansi maka segel dari HP haruslah utuh. Sehingga jika kamu ingin melakukan root, pastikan kamu harus siap kehilangan garansi ya.

Jadi intinya, kamu harus berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan root. Apakah menguntungkan untuk kamu atau tidak. Jika kamu tertarik dengan artikel tersebut. Kamu bisa kunjungi website Gawai.net setiap harinya.

Comments

Advertisement

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

error: Content is protected !!