Berita Teknologi Terkini & Tutorial

Advertisement

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di PC

Advertisement

Cara Mempercepat Koneksi WiFi – Setiap orang pasti ingin memiliki koneksi internet yang cepat termasuk dengan WiFi yang kamu gunakan.

Terlebih lagi jika kamu sedang bermain game PC yang membutuhkan koneksi internet, pasti kamu tidak ingin terputus koneksi.

Advertisement

Tapi kini tenang saja, karena kita akan kasih tau ke kamu untuk mempercepat koneksi WiFi yang kamu gunakan di PC. Penasaran dengan caranya? Yuk simak artikel ini sampai habis.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di PC

Koneksi WiFi
Koneksi WiFi

Untuk bisa mempercepat koneksi WiFi di PC itu sangat lah mudah. Kamu bisa perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini.

Advertisement

1. Mengubah Setting Bandwidth

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengubah setting atau pengaturan pada bandwidth. Bandwidth adalah cakupan luas frekuensi yang digunakan oleh sinyal transmisi data.

Pada umumnya, bandwidth pada setting default komputer yang bisa kurang lebih 20% dari koneksi internet yang akan kamu dapati.

Agar koneksi internet maksimal, kamu bisa gunakan nilai bandwidth yang lebih besar lagi dengan mengubah setting pada computer configuration.

  • Buka “Run” lalu masukan perintah “gpedit.msc” lalu enter.
  • Double klik pada menu “Computer Management” lalu pilih “Administrative“.
  • Selanjutnya pilih “Network” lalu pilih “QoS Packed Scheduler“.
  • Double klik pada menu “Limit Reservable Bandwidth“.
  • Pilih menu “Enable” kemudian pada bagian “Bandwidth Limit” diganti menjadi “0” lalu pilih “Ok“.
  • Jika sudah kamu bisa restart PC.

2. Mengubah DNS pada PC

Selanjutnya kamu bisa mengubah DNS pada PC untuk mempercepat koneksi WiFi. DNS adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan pencarian nama di PC yang menggunakan fasilitas jaringan TCP/IP.

Dengan mengganti konfigurasi pengaturan DNS menjadi open DNS maupun menggunakan DNS Google dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet kamu loh.

  • Perhatikan bagian task bar komputer Anda. Klik kanan ikon Network, lalu klik “Open Network and Sharing Center“.
  • Kemudian pilih menu “Connection“.
  • Setelah jendela “Wireless Network Connection Status” terbuka, selanjutnya pilih “Properties“.
  • Langkah selanjutnya adalah klik sekali pada bagian “Internet Protocol Version 4 (TCP/ IPv4)“, lalu klik “Properties“.
  • Pada tab General, pastikan Anda mencentang Use the Following DNS server addresses. Ubah DNS
    Prefered DNS: 208.67.222.222
    Alternate DNS: 208.67.220.220
  • Jika sudah restart PC kamu.

3. Gunakan Provider Kompeten

Selanjutnya kamu bisa menggunakan provider yang sudah kompeten. Provider yang sudah kompeten terbukti handal dalam memberikan penyediaan jaringan internet.

Jangan sampai tergiur dengan harga promosi yang ditawarkan oleh ISP tertentu. Karena harga sesuai dengan kualitas internet yang akan kamu dapati nantinya.

4. Gunakan Provider yang Masih Sedikit Digunakan

Selanjutnya gunakanlah provider yang masih sedikit digunakan. Itu karena padatnya pengguna internet pada provider bisa menjadi penyebab lemotnya koneksi internet yang akan kamu gunakan nantinya.

Untuk menghindari dari hal seperti itu, coba kamu menggunakan jasa provider yang belum terlalu banyak digunakan oleh pengguna lainnya di daerah kamu tinggal.

5. Gunakan Modem yang Memadai

Cara yang terakhir gunakan modem yang memadai. Modem adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengubah sinyal komputer ke dalam frekuensi tertentu.

Setiap modem memiliki spesifikasi kecepatan koneksi internet yang berbeda-beda. Untuk bisa mendapatkan kecepatan yang maksimal gunakan modem yang spesifikasi kecepatan cukup besar juga.

Itu dia cara untuk mempercepat koneksi WiFi di PC. Jika kamu tertarik dengan artikel tersebut. Kamu bisa kunjungi website Gawai.net setiap harinya.

Comments

Advertisement

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

error: Content is protected !!