Berita Teknologi Terkini & Tutorial

Advertisement

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah

Advertisement

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Pernah kebayang gak sih kamu ketika sedang deadline atau tugas yang harus diselesaikan dengan cepat, tapi laptop tiba-tiba menjadi lemot? Duh itu pasti bikin kita kesal ya.

Sebelum kamu menjual laptop karena lemot, sebaiknya kamu coba perhatikan cara untuk mengatasi laptop ini. Kita akan kasih tau ke kamu cara untuk mengatasinya.

Advertisement

Dijamin deh laptop kamu yang lemot itu, akan kembali normal. Maka dari itu, yuk simak artikel ini sampai habis ya.

Laptop Lemot? Berikut Cara Mengatasinya

Untuk bisa membuat laptop normal kembali itu sangat mudah. Jadi kamu bisa langsung mempraktekkannya. Daripada penasaran, langsung aja lihat di bawah ini.

1. Menambahkan Kapasitas RAM

Advertisement

Menambahkan Kapasitas RAM
Menambahkan Kapasitas RAM

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menambahkan kapasitas RAM. Kapasitas RAM yang kecil itu bisa membuat laptop menjadi lemot.

Maka dari itu, kamu bisa menambahkan kapasitas RAM untuk mempercepat kinerja laptop. Jika kamu ingin membeli RAM, bisa buka di toko online maupun di toko komputer.

2. Uninstall Software yang Sudah Tidak Diperlukan Lagi

Uninstall Software yang Sudah Tidak Diperlukan Lagi
Uninstall Software yang Sudah Tidak Diperlukan Lagi

Selanjutnya adalah uninstall software yang sudah tidak kamu gunakan atau perlukan lagi. Semakin banyak software yang terpasang di laptop, maka memory laptop akan semakin banyak dipakai.

Nah, untuk mengurangi pemakaian memory pada laptop yaitu kamu harus uninstall software yang sudah tidak digunakan lagi sehingga membuat laptop kembali normal.

3. Gunakan Software yang Ringan

Gunakan Software yang Ringan
Gunakan Software yang Ringan

Selanjutnya adalah gunakan software yang memiliki ukuran yang ringan. Setiap software pasti memiliki kapasitas yang akan memakan memory laptop.

Semakin besar kapasitas software yang digunakan, maka semakin besar juga memory laptop dipakai. Maka dari itu, kamu gunakan software yang memiliki kapasitas yang ringan ya.

4. Menggunakan Antivirus

Menggunakan Antivirus
Menggunakan Antivirus

Selanjutnya adalah menggunakan antivirus. Yaps, antivirus memang dikenal sebagai pembasmi virus-virus yang bersarang di dalam laptop.

Virus ternyata bisa membuat laptop menjadi lemot karena mereka akan merusak sistem operasi di laptop. Nah, jika kamu belum menggunakan antivirus, sebaiknya mulai sekarang gunakan antivirus di laptop kamu ya.

5. Install Ulang Laptop

Install Ulang Laptop
Install Ulang Laptop

Terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan install ulang laptop. Install ulang laptop akan membuat laptop menjadi seperti baru kembali tanpa adanya software-software yang sudah kamu install sebelumnya.

Oh iya, sebelum melakukan install ulang, alangkah baiknya kamu harus backup data terlebih dahulu sebelum terhapus dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Itu dia cara mengatasi laptop lemot. Gimana sangat mudah bukan? Jika kamu tertarik dengan artikel tersebut. Kamu bisa kunjungi website Gawai.net setiap harinya.

Comments

Advertisement

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

error: Content is protected !!