Mobile

Cara Mudah Mengetahui HP Yang Sudah Root

Cara Mengetahui HP Sudah Di Root Setiap pemiliki/pengguna smartphone, pasti sudah tidak asing lagi dong dengan istilah root? Tapi sudah tau belum dengan pengertian root?.

Root adalah proses dimana kamu bisa memiliki akses penuh dalam sistem operasi perangkat. Namun, HP yang sudah di-root memiliki kelebihan dan kekurangannya loh.

Sebelum kita akan kasih tau cara cek HP yang sudah root, kita mau kasih tau kamu dulu. Apa saja sih kelebihan dan kekurangan HP yang sudah root.

Kelebihan HP yang Sudah Root

Kelebihan-kelebihan yang kamu dapatkan ketika HP sudah di-root sangat banyak loh. Berbeda dengan HP yang belum di-root. Penasaran? Yuk lihat di bawah ini.

1. Dapat Mengakses Seluruh Sistem HP

HP yang sudah di-root pasti akan mendapatkan akses ke seluruh sistem di HP. Kelebihan root android ini, bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kecepatan.

Disini pengguna bisa bertindak sebagai admin dan dapat mengubah semua setting di dalamnya termasuk meng-update aplikasi, update sistem dsb.

2. Bisa Mengubah Tampilan HP

Jika HP kamu sudah di-root. Maka kamu bisa log, mengubah tampilannya sesuka hatimu. Biasanya HP yang belum di-root hanya bisa mengubah tampilan yang biasa-biasa saja.

3. Menghapus Aplikasi yang Tidak Berfungsi

Aplikasi memiliki fungsi tersendiri. Namun, ada beberapa aplikasi yang tidak berfungsi dan tidak mau dihapus. Itu sangat menjengkelkan ya.

Nah, jika HP sudah di-root itu tidak menjadi masalah lagi. Kamu bisa menghapusnya tanpa ada masalah dan yang pastinya sangat mudah.

Kekurangan HP yang Sudah Root

Ada kelebihan, pastinya ada kekurangan juga dong. Sama halnya dengan HP yang sudah root. Pasti ada kekurangannya juga.

1. Garansi Resmi Hilang

Hal ini sudah pasti kamu dapatkan ketika sudah me-root HP. Karena, seluruh sistem bisa kamu akses yang merupakan itu privasi dari setiap perusahaan HP.

Jika kamu sudah root HP lalu ingin menjualnya, HP tersebut pasti ditawarkan dengan harga yang murah. Karena sudah tidak ada lagi garansi resminya.

2. Lebih Rentan Terkena Virus

HP yang sudah root maka semua keamanan yang terdapat di HP akan terbuka dan ini bisa membuat virus-virus masuk ke sistem dengan sangat mudah.

Maka dari itu, jika kamu ingin me-root HP. Di pikir-pikir terlebih dahulu ya.

3. Tidak Bisa Update Sistem Operasi

Selain lebih rentan terkena virus, ternyata HP yang sudah di-root tidak bisa melakukan update sistem operasi. Karena akan kehilangan OTA (Over The Air) yang dimana bisa melakukan update secara otomatis.

Kamu tetap bisa melakukan update sistem operasi kok, tapi dengan cara manual.

4. Kegagalan Ketika Root, Bisa Menyebabkan HP Rusak

Hal ini bisa saja kamu alami ketika sedang melakukan root HP. Kegagalan ketika root bisa menyebabkan HP menjadi rusak atau bootloop.

Nah, setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan root HP android. Kini kita akan kasih tau cara untuk mengetahui HP yang sudah di-root atau belum.

Cara Mengetahui HP yang Sudah Root

Ini bisa kamu coba lakukan ketika, kamu sudah membeli HP second (bekas). Untuk mengetahui, bahwa HP yang kamu beli sudah di-root atau belum.

Nah, daripada penasaran. Langsung aja simak cara mengetahui HP sudah di root di bawah ini yuk.

Pertama, download Root Checker melalui Play Store.

Install Aplikasi Root Checker
Install Aplikasi Root Checker

Kedua, jika sudah download Root Checker apk, selanjutnya buka aplikasi Root Checker tersebut.

Buka Aplikasi Root Chekcer
Buka Aplikasi Root Checker

Ketiga, klik “Setuju“.

Klik Setuju
Klik Setuju

Keempat, klik “Verifikasi Root“.

Klik Verifikasi Root
Klik Verifikasi Root

Jika HP kamu belum di-root maka akan muncul pemberitahuan berwarna orange yang menjelaskan bahwa HP yang kamu gunakan belum di-root.

Belum Di-root
Belum Di-root

Beda lagi jika pemberitahuan berwarna hijau. Dia akan memberitahu bahwa, HP yang kamu miliki sudah di-root.

Sudah Di-root
Sudah Di-root

Itu dia cara untuk mengetahui HP yang sudah root. Hayo langsung di cek HP kamu apa sudah di-root atau belum?.

Jika kamu tertarik artikel game, review atau teknologi seperti ini. Maka kamu wajib mengunjungi Gawai.net ini setiap hari ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close