Berita Teknologi Terkini & Tutorial

Advertisement

Cara Perpanjang Paspor Online dengan Mudah

Advertisement

Perpanjang Paspor Online – Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, kamu harus membutuhkan paspor yang masih aktif.

Jika kamu sudah memiliki paspor tapi sudah tidak aktif, kamu harus melakukan perpanjangan. Untuk bisa melakukan perpanjangan kamu dapat mendatangi kantor imigrasi.

Advertisement

Selain mendatangi kantor imigrasi, kamu bisa melakukan perpanjangan paspor secara online. Mau tau dengan cara perpanjang secara online? Yuk simak artikel ini.

Cara Perpanjang Paspor Secara Online

Website Imigrasi
Website Imigrasi

Untuk bisa melakukannya itu sangat mudah loh. Jadi kamu tidak perlu repot-repot harus menunggu antrian di kantor imigrasi.

Advertisement

1. Pendaftaran Online

Cara pertama yaitu sudah jelas kamu harus melakukan pendaftaran secara online. Kamu bisa mengunjungi website kantor Imigrasi.

Setelah itu kamu bisa pilih layanan publik – layanan online – layanan paspor online. Kemudian pilihlah tabel pra permohonan personal untuk memilih jenis permohonan yang diperlukan. Isi juga nomor paspor lama, jenis paspor, serta kantor imigrasi terdekat.

2. Mengisi Form Pembayaran

Setelah itu kamu bisa mengisi form pembayaran. Kantor imigrasi pusat akan mengirim email yang berisikan surat pengantar untuk melakukan pembayaran.

Surat tersebut harus dicetak terlebih dahulu untuk ditunjukkan ke teller bank. Maka jika sudah melakukan pendaftaran secara online, kamu bisa pergi ke kantor cabang untuk melakukan pembayaran. Bukti pembayaran yang diterima dari bank itu harus kamu simpan ya.

3. Mengisi Halaman Permohonan Jadwal

Selanjutnya adalah mengisi halaman permohonan jadwal. Kamu bisa kembali buka email yang kamu terima ketika sudah melakukan pembayaran sebelumnya.

Kamu tinggal klik link yang tertera di email tersebut. Link tersebut akan mengarahkan kamu ke permohonan jadwal wawancara. Kamu bisa menentukan hari maupun tanggal untuk datang ke kantor imigrasi.

4. Cetak Formulir

Setelah menentukan tanggal maupun hari, serta menyimpan data, kantor imigrasi akan mengirim email yang berisi tanda terima permohonan pembuatan paspor. Nah, kamu bisa cetak permohonan pembuatan paspor baru tersebut yang dimana akan di bawa ke kantor imigrasi.

5. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Jika kamu sudah melakukan cara yang sebelumnya, maka terakhir adalah kamu harus menyiapkan dokumen-dokumen yang akan diperlukan untuk perpanjang paspor.

Ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan seperti akte kelahiran, ijazah terakhir, kartu keluarga, KTP, surat nikah (bagi yang sudah) dan paspor lama. Fotokopi semua dokumen tersebut dan jangan lupa bawa bukti pembayaran yang kamu terima dari bank sebelumnya.

Itu dia caranya untuk perpanjang paspor. Jika kamu tertarik dengan artikel tersebut. Kamu bisa kunjungi website Gawai.net setiap harinya.

Comments

Advertisement

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

error: Content is protected !!