Berita Teknologi Terkini & Tutorial

Advertisement

Cara Mengatasi Latop Tidak Bisa Connect WiFi

Advertisement

Laptop Tidak Bisa Connect WiFi – Untuk bisa berseluncur internet di laptop, kamu harus membutuhkan koneksi WiFi yang bisa kamu sambungkan melalui smartphone atau tempat lainnya.

Tapi itu semua terkadang tidak berjalan dengan lancar. Kamu bisa saja mengalami laptop tidak bisa terhubung WiFi, duh itu pasti bikin kesel ya.

Advertisement

Namun tenang saja, kita ada solusi untuk mengatasinya. Buat kamu yang mau tahu, bisa simak artikel yang satu ini sampai habis ya.

Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect ke WiFi? Ini Dia Solusinya

Laptop yang tidak bisa terhubung ke WiFi ada beberapa penyebabnya. Mulai dari masalah driver hingga masalah dari router. Daripada penasaran dengan cara mengatasinya, langsung aja lihat dibawah ini yuk.

1. Aktifkan Adapter WiFi di Laptop

Advertisement

Aktifkan Adapter WiFi di Laptop
Aktifkan Adapter WiFi di Laptop

Cara pertama kamu harus mengaktifkan adapter WiFi yang ada di laptop kamu. Peran adapter di laptop berguna untuk menangkap sinyal WiFi yang ada di sekitar kamu.

Nah, bisa dong kamu bayangkan jika adapter WiFi tidak menyala/hidup. Maka laptop kamu tidak akan pernah bisa terhubung ke WiFi. Untuk mengaktifkannya kamu bisa menekan tombol Fn+F1-F12 (lihat gambar ikon sinyal) di keyboard laptop.

2. Install Ulang Driver WiFi

Install Ulang Driver WiFi
Install Ulang Driver WiFi

Selanjutnya kamu bisa melakukan install ulang driver WiFi di laptop kamu. Driver juga memiliki peran penting dalam menghubungkan laptop ke WiFi.

Ketika driver WiFi bermasalah atau tidak terpasang, maka laptop tidak akan bisa terhubung dengan WiFi. Untuk itu kamu harus pastikan driver WiFi kamu tidak bermasalah atau sudah terpasang atau belum.

3. Setting Ulang IP Address

Selanjutnya kamu bisa lakukan setting ulang pada IP Address. Ketika WiFi bermasalah di laptop, kamu harus periksa atau bahkan setting ulang pada IP Address di laptop.

Nah, untuk melakukan setting ulang IP Address bisa lihat di bawah ini.

Pertama, buka “Control Panel“.

Buka Control Panel
Buka Control Panel

Kedua, pilih “Network and Internet“.

Pilih Network and Internet
Pilih Network and Internet

Ketiga, pilih “Network and Sharing“.

Pilih Network and Sharing
Pilih Network and Sharing

Keempat, pilih “Change Adapter Setting“.

Pilih Change Adapter
Pilih Change Adapter

Kelima, pilih WiFi lalu klik kanan pada mouse dan pilih “Properties“.

Pilih Properties
Pilih Properties

Keenam, pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” lalu pilih “Properties“.

Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

Ketujuh, pilih “Obtain an IP address automatically” dan “Obtain DNS server address automatically“.

Pilih Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically
Pilih Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically

4. Restart Laptop

Restart Laptop
Restart Laptop

Selanjutnya kamu bisa restart laptop. Hal ini bisa saja ada masalah ringan yang dimana terjadi di dalam sistem laptop sehingga bisa menyebabkan laptop tidak connect WiFi.

Maka dari itu, kamu bisa melakukan restart laptop agar seluruh sistem yang ada di laptop bekerja ulang dan bisa mengatasi masalah yang terjadi sebelumnya.

5. Restart Router

Restart Router
Restart Router

Cara terakhir adalah me-restart router. Router yang bermasalah bisa menyebabkan sinyal WiFi bermasalah juga sehingga laptop tidak dapat menerima sinyal tersebut.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan restart pada router untuk membuat router bekerja secara ulang dan tanpa adanya masalah pada sinyal atau lainnya.

Jadi gimana, sangat mudah bukan untuk mengatasi laptop tidak bisa terhubung ke WiFi? Jika kamu tertarik dengan artikel tersebut. Kamu bisa kunjungi website Gawai.net setiap harinya.

Comments

Advertisement

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

error: Content is protected !!